Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, dan Serba usaha

Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, dan Serba usaha_Koperasi dikelompokkan menjadi 3 macam yakni koperasi berdasarkan jenis usahanya, keanggotaannya, dan tingkatannya. Koperasi berdasarkan jenis usahanya dibedakan menjadi koperasi produksi, konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan Koperasi Serba Usaha (KSU). Apa pengertian koperasi produksi, koperasi konsumsi, KSP, dan KSU?, simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Pengertian Koperasi Produksi
Koperasi jenis ini melakukan usaha produksi atau menghasilkan barang. Barang-barang yang dijual di koperasi adalah hasil produksi anggota koperasi. Bagi para anggota yang memiliki usaha, dapat memasok hasil produksinya ke koperasi. Misalnya, berupa hasil kerajinan, pakaian jadi, dan bahan makanan.

2. Pengertian Koperasi Konsumsi
Koperasi ini menyediakan semua kebutuhan para anggota dalam bentuk barang antara lain berupa bahan makanan, pakaian, alat tulis atau peralatan rumah tangga.

3. Pengertian Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
Koperasi ini melayani para anggotanya untuk menabung dengan mendapatkan imbalan jasa. Bagi anggota yang memerlukan dana dapat meminjam dengan memberikan jasa kepada koperasi. Pengembalian pinjaman dilakukan dengan mengangsur. Jasa yang diberikan kepada penabung dan jasa yang diterima koperasi dari peminjam sesuai dengan kesepakatan pada rapat anggota.

4. Pengertian Koperasi Serba Usaha (KSU)
Koperasi Serba Usaha (KSU) terdiri atas berbagai jenis usaha. Seperti menjual kebutuhan pokok dan barang-barang hasil produksi anggota, melayani simpan pinjam dan pelayanan jasa.

Demikian Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Serba Usaha. Semoga bermanfaat.
Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share di bawah ini:
 
Home - Sitemap
Back To Top