Cuaca dan Iklim di Indonesia

Pengertian dan Penjelasan tentang Cuaca dan Iklim di Indonesia_Cuaca adalah keadaan udara pada cakupan wilayah dan waktu yang relatif sempit. Adapun iklim adalah rata-rata keadaan cuaca dengan cakupan wilayah dan waktu yang relatif luas. Unsur-unsur cuaca dan iklim meliputi suhu udara (temperatur), tekanan udara, angin,
awan, kelembapan udara, dan curah hujan.

Berdasarkan letak astronomisnya, Kepulauan Indonesia beriklim tropis karena berada di antara lintang 0º–23,5º LU dan 0º–23,5º LS. Secara keseluruhan, pola iklim di Indonesia memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

a. Suhu udara rata-rata tinggi, antara 26ºC–28ºC.
b. Udaranya lembap dan mengandung banyak uap air.
c. Curah hujan tinggi, yaitu di atas 2.000 mm/tahun.

Faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, antara lain sebagai berikut.

a. Terletak di khatulistiwa yang menyebabkan banyak terjadi hujan zenithal.
b. Adanya angin laut yang naik ke gunung sehingga mengakibatkan uap air berubah menjadi awan dan terjadilah hujan orografis
c. Dipengaruhi oleh angin muson barat yang banyak mengandung air sehingga mengakibatkan musim hujan di Indonesia.

Cuaca dan iklim di Indonesia selain berkaitan dengan letak astronomis dan letak geografis, juga dipengaruhi oleh keterkaitan lokasi suatu tempat. Hal tersebut dikarenakan hal sebagai berikut.

a. Semakin dekat dengan garis khatulistiwa, suhu udara semakin panas, sedangkan semakin dekat dengan kutub, udara semakin dingin.
b. Semakin tinggi suatu daerah dari permukaan laut, temperatur udara semakin dingin.
c. Pengaruh alam terhadap cuaca dan iklim sangat jelas, seperti kawasan lautan, dataran tinggi, dataran rendah, daerah gurun, daerah kutub, dan daerah yang berhutan lebat.
Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share di bawah ini:
 
Home - Sitemap
Back To Top