2 Jenis Peta Berdasarkan Isinya (Pengertian Peta Umum dan Tematik)

Jenis Peta Berdasarkan Isinya_Berdasarkan isinya peta dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu peta umum dan peta tematik.

1. Peta Umum
Pengertian peta umum adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua ketampakan yang terdapat di suatu daerah, baik ketampakan fisik (alam) maupun ketampakan sosial budaya.

Ketampakan fisik misalnya sungai, gunung, laut, dan danau. Ketampakan sosial budaya misalnya jalan raya, jalan kereta api, dan pemukiman kota. Peta umum ada dua jenis, yaitu peta topografi dan peta chorografi.

a) Peta Topografi, yaitu peta yang menggambarkan bentuk relief (tinggi rendahnya) permukaan bumi.
Dalam peta topografi digunakan garis kontur (countur line), yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki ketinggian sama.

b) Peta Chorografi , yaitu peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan
skala yang lebih kecil, yaitu antara 1:250.000 sampai 1:1.000.000 atau lebih. Peta chorografi menggambarkan daerah yang luas, seperti provinsi, negara, benua, bahkan dunia.

2. Peta Tematik
Pengertian peta tematik adalah peta yang menggambarkan satu atau dua ketampakan pada permukaan bumi yang ingin ditampilkan. Peta tematik hanya memuat informasi dan tema-tema tertentu.

Peta tematik hanya menggambarkan ke tampakanketampakan (fenomena geosfer) tertentu, baik kondisi fisik maupun sosial budaya. Contoh peta tematik, antara lain sebagai berikut.

a) Peta hidrografi yang memuat informasi mengenai kedalaman dasar laut serta informasi lainnya yang diperlukan untuk navigasi pelayaran.
b) Peta geologi memuat informasi keadaan geologis dan bahan-bahan pembentuk tanah.
c) Peta kadaster yang memuat informasi mengenai kepemilikan tanah beserta batas-batasnya.
d) Peta irigasi yang memuat informasi mengenai jaringan irigasi suatu wilayah.
Silakan bagikan artikel di atas lewat tombol share di bawah ini:
 
Home - Sitemap
Back To Top